Kasus Kematian karena Corona Didominasi Kelompok Lansia

- 23 April 2021, 19:51 WIB
Ilustrasi pandemi corona
Ilustrasi pandemi corona /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Angka kematian karena kasus Covd-19 di Indonesia didominasi kelompok lanjut usia (lansia). Tercatat sebanyak 48,3 persen kasus kematian Covid-19 adalah kelompok lansia.

Data ini juga menjadi alasan pemerintah melarang mudik Idul Fitri 2021. Sebab, bila mudik dipastikan akan berinteraksi dengan orangtua yang lanjut usia sehingga sangat rawan tertular bahkan dikhawatirkan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: BTS dan The BOYZ Tampil di Tokopedia Malam Ini, Klik Linknya di Sini

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Hadisasmito meminta warga untuk tidak mudik selama pandemi Covid-19.

"Dalam mengambil keputusan, termasuk melarang mudik lebaran, pemerintah selalu mengutamakan prinsip salus populi suprema lex esto atau mengutamakan keselamatan rakyat di tengah pandemi Covid-19," kata Wiku Hadisasmito dilansir Kabar Joglosemar dari covid19.go.id pada Jumat 23 April 2021.

Dikatakan, tradisi mudik lebaran memang sebagai cara warga perantauan untuk melepas rindu dengan orangtua dan keluarga di kampung halaman setelah setahun penuh mencari rejeki di kota-kota besar.

Namun, sebaiknya hal itu ditunda sementara karena berpotensi membahayakan keluarga yang masuk kelompok lansia (lanjut usia).

Apalagi dalam tradisi mudik pasti ada interaksi fisik, seperti berjabat tangan, cipika cipiki yang berpotensi menjadi titik awal penularan Covid-19.

Baca Juga: Harga Bando Kecil Nagita Slavina Bikin Heboh, Netizen: Ya Allah Motor Dipakai di Kepala

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x