Pengobatan Covid-19 Berbahan dari Tali Pusat Bayi, Ini Faktanya

- 17 April 2021, 12:06 WIB
Produk Stem Cell, tali pusat bayi untuk obat Covid-19/
Produk Stem Cell, tali pusat bayi untuk obat Covid-19/ /Power point RSU Dr. Sardjito Yogyakarta

KABAR JOGLOSEMAR - Dunia medis dihebohkan dengan penemuan vaksin Covid-19 Nusantara oleh mantan Menteri Kesehatan RI (Menkes) dr. Terawan.

Penemuan yang cukup spektakuler dalam kondisi pandemi ini menuai kontroversi oleh pihak-pihak tertentu, yang seharusnya karya dari anak bangsa Indonesia itu perlu mendapat dukungan semua pihak agar penemuan vaksin itu berhasil secara sempurna.

Ada satu lagi hasil penemuan pengobatan atau terapi pasien Covid-19 dengan menerapkan penggunaan Sel Punca (Stem Cell) pada pasien Covid-19 derajat berat, terobosan baru ini merupakan hasil kerja sama RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK UGM).

Baca Juga: Abu Rizal Bakrie Ungkap Pengalamannya Ketika Disuntik Vaksin Nusantara

Baca Juga: Industri Ritel Makin Terpuruk, Citibank Tutup Bisnis Ritel di Indonesia

Stem cell yang digunakan berasal dari tali pusat bayi yang didonorkan. Tali pusat tersebut diolah, diambil stem cell di dalamnya dan dikembangkan oleh lab mitra RSUP Dr. Sardjito, yaitu Lab Regenic milik PT Bifarma Adiluhung yang berkedudukan di Jakarta,” ungkap Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjiot Banu Hermawan, Jumat (16/4/2021).

Dikatakan, pemberian stem cell pada pasien Covid-19 derajat berat di RSUP Dr. Sardjito ini telah mendapat izin dari BPOM serta telah masuk dalam standar terapi Covid-19 dari Kementrian Kesehatan.

Injeksi stem cell pertama pada pasien Covid-19 di RSUP Dr. Sardjito dilaksanakan tanggal 29 Januari tahun 2020, pada pasien laki-laki berusia 63 tahun.

Baca Juga: Pemeran Narcissa Malfoy, Helen McCrory Meninggal Dunia, JK Rowling Kirim Pesan Menyentuh

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x