Selain BPUM UMKM Ada Bansos 2021 yang Cair April. Ini Syarat dan Cek Nama Penerimanya Pakai NIK

- 5 April 2021, 20:51 WIB
Ilustrasi BPUM UMKM
Ilustrasi BPUM UMKM /KabarJoglosemar/Sandra

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah masih menggulirkan bantuan sosial kepada masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. Salah satunya Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kementerian Koperasi UKM.

Selain itu, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bansos untuk keluarga miskin atau rentan miskin. Mereka terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Sinopsis Drama Navillera Eps 5: Shim Duk Chool dan Lee Chae Rok Makan Bersama

Kemensos RI memberikan bansos tunai maupun non-tunai. Setidaknya ada 3 program bansos 2021 dari Kemensos, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bansos 2021 disalurkan untuk meringankan beban pengeluaran sehari-hari. Sehingga kebutuhan pangan keluarga tercukupi. Selain itu juga untuk membantu biaya sekolah dan kesehatan anggota keluarga.

Berikut rangkuman informasi terkait ketentuan hingga cara mendapatkan bansos 2021 yang disalurkan Kemensos RI:

  1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH diberikan untuk meringankan biaya pendidikan, kesehatan, dan kehidupan sehari-hari anggota KPM. Bansos PKH 2021 diberikan kepada 10 juta KPM di seluruh Indonesia.

Dana akan diberikan untuk 1 tahun tapi secara bertahap, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober 2021. Dengan begitu, bansos PKH akan cair pada April.

Uang bansos 2021 PKH akan dikirim kepada penerima yang terdaftar di dtks.kemensos.go.id melalui Himpunan Bank Negara (HIMBARA), yakni BNI, BTN, Mandiri, dan BRI.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x