Program BPUM untuk UMKM Tahun 2021 segera Diluncurkan. Apa Manfaatnya?

- 19 Maret 2021, 11:39 WIB
Ilustrasi pencairan BLT UMKM BPUM
Ilustrasi pencairan BLT UMKM BPUM /KabarJoglosemar.com/Galih

KABAR JOGLOSEMAR - Bagi pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan mengengah) dan koperasi siap-siap menerima program pembiayaan melalui program BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

Sebab, program pembiayaan UMKM dan koperasi akan dilanjutkan pada tahun 2021. Bahkan tidak lama lagi program BPUM tersebut segera diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), berupa pembiayaan bagi koperasi usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) tahun 2021 dilanjutkan pemerintah.

Baca Juga: 5 Tokoh The Penthouse 2 Paling Dibenci Penonton, Nomor 3 Sulit Dipercaya

Apa manfaat program BPUM sehingga harus dilanjutkan tahun 2021 ini? Menurut Teten Masduki dilansir Kabar Joglosemar dari laman resmi Kemenkop dan UKM, manfaat program tersebut adalah mengurangi resiko usaha dari UMKM agar lebih feasible mendapatkan akses pembiayaan.

Dengan program tersebut, menurut Teten Masduki, pelaku UMKM maupun koperasi tetap eksis dengan tetap bisa menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Menurut Teten Masduki, dprogram PEN KUMKM terdiri dari dua klaster,yakni :
1. bagi usaha mikro yang unbankable, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Untuk program ini, akan segera digulirkan oleh Presiden Joko Widodo

2. bagi kelompok usaha yang sudah bankable dan sudah mendapat kredit usaha rakyat (KUR) berupa fasilitas subsidi bunga KUR dan pembiayaan modal kerja koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Dikatakan, pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan bagi UMKM dan koperasi yang murah, mudah, dan cepat. Hal ini dimaksudkan agar UMKM cepat naik kelas.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: depkop.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x