Kisah di Balik Sejarah Peringatan Hari Musik Nasional dan WR Supratman

- 9 Maret 2021, 21:59 WIB
ilustrasi lembaran musik/
ilustrasi lembaran musik/ /pixabay/Ri_Ya
 

 


KABAR JOGLOSEMAR- Hari ini tanggal 9 Maret 2021 diperingati sebagai hari musik nasional yang sudah berlangsung selama 8 tahun terakhir. 

Seperti apa sejarah peringatan hari musik nasional dan apa kaitannya peringatan hari musik nasional dengan tokoh pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Hari musik nasional ditetapkan dalam Keppres No. 10 tahun 2013 pada masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Cair Maret, Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos 2021 Lewat dtks.kemensos.go.id Hingga Pencairannya
 
Baca Juga: Kala Jati Diri Kota Yogyakarta Dipertahankan Lewat Arsitektur Tata Ruang Kota dan Bangunan

Penetapan hari musik pada tanggal 9 Maret juga bertepatan dengan hari lahir Wage Rudolf Supratman. Meski sampai kini tanggal pasti kelahiran WR Supratman masih simpang siur, ada yang mengatakan WR Supratman lahir pada tanggal 9 Maret ada pula yang mengatakan bahwa komposer lagu Indonesia Raya ini lahir pada 19 Maret.

Hari Musik Nasional bukan ditetapkan sebagai hari libur, peringatan hari musik Nasional dimaksudkan untuk menghargai musik sebagai ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional dan dapat digunakan untuk mengekspresikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. 

Hari Musik Nasional ditetapkan dengan tujuan agar masyarakat meningkatkan apresiasi terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri, dan motivasi insan musik Indonesia. Selain itu peringatan hari musik juga untuk mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Baca Juga: Penyebab Mundurnya FK- KMK UGM dari Penelitian Vaksin Nusantara

Mungkin tak banyak yang tahu jika peringatan hari musik nasional sekaligus sebagai momentum untuk mengingat hari kelahiran WR Supratman, seorang musisi yang memberi kontribusi bagi dunia musik tanah air. 

WR Supratman bernama lengkap Wage Rudolf Soepratman, ia adalah seorang guru, wartawan, violinist, dan komponis pada zaman Hindia Belanda.

WR Supratman merupakan anggota grup musik Jazz Black and White Jazz Music Band. WR Supratman juga mendapat gelar sebagai pahlawan nasional Indonesia dan mendapat anugerah Bintang Maha Putera Utama Kelas III pada tahun 1971.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x