Penyaluran BLT Dana Desa Naik 60 Persen Sejak PPKM Mikro Diperpanjang

- 9 Maret 2021, 07:29 WIB
Ilustrasi BLT Dana Desa
Ilustrasi BLT Dana Desa /KabarJoglosemar.com/Ayusandra
 

 


KABAR JOGLOSEMAR- Pemberlakuan PPKM mikro di beberapa daerah ternyata membawa dampak positif bagi penyaluran BLT Dana Desa yang diadakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

Selama masa perpanjangan PPKM mikro, penyaluran BLT Dana Desa meningkat 60 persen, meskipun angka penyaluranya dinilai masih rendah dari anggaran yang tersedia.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid mengungkapkan adanya kenaikan yang signifikan penyaluran dana desa selama pemberlakuan PPKM mikro di 6 Provinsi yang menerapkan pemberlakuan PPKM mikro.

Baca Juga: Doa Malam Isra Miraj dan Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab
 
Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 9 Maret: Aldebaran Murka Hingga Ancam Elsa Lagi, Mama Sarah Bohongi Michelle

" Harus diakui memang ada peningkatan penyaluran dana sejak adanya PPKM mikro. Pada bulan Januari penyaluran masih terbilang rendah hanya sekian persen tapi setelah masa PPKM mikro ada kenaikan yang lumayan tajam terutama di 6 Provinsi dalam wilayah Kementerian Desa dikurangi Provinsi DKI Jakarta," terang Taufik.

Taufik menambahkan, setidaknya ada peningkatan 60 persen penyaluran BLT Dana Desa. Dana desa tersebut digunakan untuk program-program dan kegiatan PPKM di desa.

"Ada peningkatan lebih dari 60% untuk penyaluran dana desa, antara lain dipakai untuk membantu program-program yang masuk ke dalam kegiatan PPKM skala mikro," tambahnya.

Baca Juga: Singgung GeNose, Presiden Jokowi: BPPT Harus jadi Pusat Kecerdasan Teknologi Indonesia
 
Baca Juga: Alumni Kartu Prakerja Akan Dapat KUR, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini

Pihak Kemendes PDTT sampai saat ini terus mengakselerasi penyaluran dana desa, contohnya dengan mengirim tim ke daerah-daerah untuk melakukan monitoring pada dana desa. Sebelumnya, tim monitoring yang sudah diterjunkan cukup membuahkan hasil maksimal.

"Di salah satu daerah di Jakarta, setelah diturunkan tim pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh Pemda, BLT Dana Desa mulai Senin (8/3/21) mulai disalurkan dan cair ke kas-kas desa, pungkasnya.***


 

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x