Resmikan KRL Jogja-Solo, Presiden Jokowi: Moda Transportasi Ramah Lingkungan yang Cepat dan Murah

- 2 Maret 2021, 08:55 WIB
Presiden Joko Widodo saat menjajal KRL Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021.
Presiden Joko Widodo saat menjajal KRL Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. /Instagram.com/@jokowi

KABAR JOGLOSEMAR - Kereta Rel Lisrik (KRL) jalur lintas Jogja - Solo resmi beroperasi mulai hari Senin 1 Maret 2021.

Peresmian beroperasinya KRL Jogja - Solo tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat mencoba KRL Jogja-Solo tersebut hingga ke Stasiun Klaten lalu kembali lagi ke Jogja.

Baca Juga: Selain Weton Senin Wage, Berikut Daftar Weton Pembawa Rezeki Lainnya Sesuai Primbon Jawa

Pada acara peresmian KRL Jogja - Solo tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa KRL Jogja - Solo merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan yang murah dan cepat.

Sebab, KRL Jogja - Solo menggunakan energi listrik, menggantikan Kreta Prameks yang selama ini menggunakan bahan bakar solar.

Selain itu, KRL Jogja - Solo lebih cepat 10 menit dibandingkan dengan Kreta Prameks dan biayanya juga lebih murah.

“Ini merupakan sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan. Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada angkutan yang ramah lingkungan,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan KRL Jogja - Solo pada hari Senin 1 Maret 2021 seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman presidenri.go.id.

Presiden Jokowi mengatakan kehadiran KRL Jogja - Solo selain untuk meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar, juga dapat mengurangi tingkat polusi udara.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x