Sering Diucapkan Ketika Perayaan Imlek, Ini Asal Usul Sejarah Ucapan Gong Xi Fa Cai

- 21 Januari 2021, 06:42 WIB
Ilustrasi imlek Gong Xi Fa Cai
Ilustrasi imlek Gong Xi Fa Cai /pixabay /truthseeker08

KABAR JOGLOSEMAR - Tanggal 12 Februari 2021 nanti akan jadi hari yang ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa untuk merayakan tahun baru imlek.

Di pusat-pusat perbelanjaan, di restauran dan di beberapa tempat umum sering terlihat tulisan Gong Xi Fa Cai mendekati momen perayaan imlek.

Gong Xi Fa Cai, ucapan ini seperti tak asing di telinga masyarakat. Banyak yang mengartikan kata Gong Xi Fa Cai sebagain ucapan selamat tahun baru China, ternyata anggapan ini keliru. 

Gong Xi Fa Cai mempunyai makna sebuah doa agar diberi kesejahteraan, keselamatan dan kekayaan berlimpah.

Gong Xi Fa Cai ternyata memiliki sejarah panjang, ucapan ini berawal dari kata Gong Xi yang berarti selamat. Hal ini berawal dari penduduk China yang selamat setelah menghindari binatang buas. Selain itu Fa Cai memiliki arti kesejahteraan yang berkembang mengikuti zaman.

Baca Juga: Nggak Harus Coklat, Ini Daftar Hadiah yang Bagus untuk Valentine 14 Februari

Baca Juga: Mohon Perlindungan, Baca Doa Saat Hujan Deras dan Angin Kencang Arab, Latin, dan Terjemahan

Penggunaan dua kata pertama yaitu Gong Xi yang memiliki sejarah cukup panjang, jika dikaitkan dengan legenda, maka ucapan ini memiliki arti memberi selamat ketika penduduk China dapat menangkal binatang buas bernama Nian yang mengejar penduduk dan juga anak-anak. Akhirnya mereka bisa selamat dan mengusir Nian.

Seiring membaiknya harapan dan kesejahteraan, semangat kapitalisme, dan konsumerisme yang melanda komunitas China seluruh dunia, menjadikan ditambahkannya kata Fa Cai yang berarti sejahtera atau makmur pada pengucapan tersebut.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x