Puncak Musim Hujan, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Potensi Banjir Meningkat di Beberapa Daerah

- 19 Januari 2021, 06:40 WIB
Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir /pixabay/Hermann//pixabay/Hermann

KABAR JOGLOSEMAR - Awal tahun 2021 hingga Maret 2021 masyarakat diminta waspada akan terjadinya bencana alam seperti gempa, tanah longsor dan banjir. 

BMKG menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan akan bencana yang datang sewaktu-waktu. Memasuki puncak musim hujan peningkatan potensi bencana hidrometeorologi semakin meningkat. 

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Dodo Gunawan mengungkapkan, bulan Januari-Februari memasuki puncak musim hujan karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi.

"Berdasarkan data BMKG pada Dasarian III Januari 2021 terdapat daerah dengan potensi banjir menengah yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Maluku dan Papua," tuturnya.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan, Salah Satunya Melawan Tanda Penuaan

Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang dalam waktu dekat kemungkinan masih banyak terjadi di beberapa daerah.

Deputi bidang Meteorologi Guswanto menambahkan, saat ini ada beberapa fenomena cuaca yang harus diwaspadai yaitu MJO (Madden Julian Oscillation) serta fenomena lokal, regional dan global.

"MJO saat ini teramati sedang aktif di wilayah Samudra Hindia sebelah barat Sumatera. Fenomena gelombang atmosfer (Kelvin Wave) diperkirakan cukup aktif di sebagian wilayah Indonesia bagian timur periode 14-17 Januari 2021," paparnya.

Sedangkan Angin Monsun Asia mengalami penurunan intensitas dalam sepekan terakhir dan diperkirakan akan meningkat kembali dalam sepekan ke depan. Sementara suhu muka laut masih relatif hangat.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: BMKG BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x