Status Siaga, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Hingga 1 Kilometer pada 18 Januari 2021

- 18 Januari 2021, 14:47 WIB
Guguran lava pijar dari puncak Gunung Merapi/
Guguran lava pijar dari puncak Gunung Merapi/ // Instagram.com/@susidarto

KABAR JOGLOSEMAR - Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas sejauh 1 kilometer pada Senin, 18 Januari 2021 pukul 05.43 WIB.

Dilansir KabarJoglosemar.com dari laman resmi BNPB, Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan aktivitas Awan Panas Guguran (APG) Gunung Merapi mengarah ke Barat Daya, yakni Kali Krasak.

“Awan panas guguran tercatat dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 112 detik melalui pengamatan seismogram,” demikian dikutip KabarJoglosemar.com dari laman resmi BNPB.

Baca Juga: Samsung Rencanakan Bakal Jual Seluruh Unit HP Tanpa Charger

Sementara itu, pengamatan visual pagi tadi teramati tinggi kolom 50 meter di atas puncak. Sedangkan arah angin bertiup ke tenggara.

Tak hanya luncurun awan panas, guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 600 meter yang mengarah ke barat daya terjadi enam kali.

Sampai sekarang, status Gunung Merapi masih bertahan pada Level III atau 'Siaga'. Level III itu ditetapkan pada 5 November 2020 lalu.

Baca Juga: Terharu, Artis Vanessa Angel Bebas dari Tahanan

BPPTKG memberi rekomendasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kebijakan daerah dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III dengan radius 5 kilometer.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x