Selain Sriwijaya SJ 182, Ini Daftar 7 Kecelakaan Pesawat di Indonesia

- 10 Januari 2021, 10:46 WIB
Ilustrasi bangkai pesawat yang jatuh kecelakaan.
Ilustrasi bangkai pesawat yang jatuh kecelakaan. /Pixabay/Free-Photos


KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini, pesawat Sriwijaya dengan nomor registrasi SJ 182 mengalami kecelakaan di sekitar Kepulauan Seribu.

Perlu diketahui, ternyata sebelumnya juga telah banyak kecelakaan pesawat yang menimpa tanah air. Meskipun pesawat merupakan salah satu transportasi paling aman, akan tetapi resiko kecelakaan tetap tidak bisa dihindari.

Walau telah dipersiapkan dengan begitu matang dan seolah aman untuk diterbangkan, pesawat juga tidak bisa berpaling dari takdir.

Terkadang takdir membawa kejadian tidak diinginkan yang tentu akan memberi duka begitu dalam bagi publik tanah air. Adapun beberapa kecelakaan pesawat yang pernah terjadi menimpa Indonesia.

Baca Juga: Sempat Posting Buku Agenda 2021, Pramugari Sriwijaya Air: Finally Finished

Seperti dilansir KabarJoglosemar.com dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Lion Air JT-610 (2018)
Kecelakaan pesawat yang tak lama ini terjadi adalah tragedi Lion Air JT-610. Penerbangan ini memiliki rute Jakarta menuju Pangkalpinang.

Akan tetapi, sesaat setelah lepas landas (take off) pesawat tersebut hilang kontak. Meski pesawat yang digunakan Boeing 737 Max 8 adalah  baru, namun pesawat yang mengangkut 189 orang tersebut jatuh di perairan Karawang.

2. Airasia QZ8501 (2014)
Kecelakaan pesawat selanjutnya terjadi pada tahun 2014. Kala itu pesawat Airasia dengan nomor registrasi QZ8501 dinyatakan hilang kontak dan jatuh di sekitar Selat Karimata.

Baca Juga: Serpihan yang Diduga Pesawat Sriwijaya Air Diserahkan ke DVI

Dalam insiden itu, Airbus A320 mengangkut 155 orang dan 7 awak pesawat. Setelah dilakukan investigasi, ditemukan juga puing-puing dari pesawat yang mengkonfirmasi bahwa Airasia QZ8501 telah jatuh.

3. Adam Air (2007)
7 tahun sebelum kecelakaan pesawat Airasia QZ8501, Adam Air jatuh di Laut Sulawesi tepatnya saat tahun baru 2007. Pesawat tersebut menewaskan sebanyak 102 orang penumpang termasuk krunya.

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah