Wow, 1,2 Juta Vaksin Coronavac Sudah Lulus Uji Sertifikasi dari Badan POM

- 5 Januari 2021, 15:21 WIB
Ilustrasi vaksin corona Pfizer
Ilustrasi vaksin corona Pfizer /Instagram/@pfizerinc

KABAR JOGLOSEMAR - Kabar gembira datang dari Badan POM, yakni 1,2 juta vaksin Coronavac yang tiba pertama di Indonesia, 6 Desember 2020, sudah lulus uji sertifikasi Lot Release.

Hal ini terjadi setelah Badan POM melakukan sampling dan pengujian vaksin saat kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Sementara untuk 1,8 juta vaksin yang tiba di Jakarta pada 31 Desember 2020 juga akan segera menerbitkan sertifikat lot release oleh Badan POM.

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar Lengkap Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

"Dalam proses penerimaan di bandara, Badan POM melakukan pengecekan kesesuaian dokumen dan suhu tempat penyimpanan vaksin coronavac," kata Lucia Rizka Andalusia, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19.

Dikatakan, untuk menjamin mutu vaksin, Badan POM selalu mengawal proses penyediaan vaksin COVID-19. Selain itu, Badan BPOM memastikan mutu dan keamanan vaksin Covid-19 tetap terjaga sejak kedatangan vaksin Coronavac dari China, pada 6 dan 31 Desember 2020 sampai izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) keluar.

Menurut Lucia Rizka, sertifikat Lot Release merupakan syarat penting yang harus dipenuhi untuk memastikan kualitas vaksin.

Baca Juga: Indonesia Perlu Waktu 15 Bulan untuk Tuntaskan Vaksinasi COVID-19

Syarat ini merupakan standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO), yakni proses evaluasi yang dilakukan otoritas obat di setiap negara untuk menjamin mutu setiap lot atau setiap batch vaksin.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x