Jangan Sampai Terlewat, Ini 3 Bansos yang Akan Cair Mulai Januari 2021

- 4 Januari 2021, 08:24 WIB
Ilustrasi BLT
Ilustrasi BLT /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Awal Januari 2021 menjadi target pemerintah untuk mulai menyalurkan kembali sejumlah Bansos, diantaranya adalah BST, BPNT, dan PKH.

BST atau Bantuan Sosial Tunai kali ini akan disalurkan untuk 10 juta penerima manfaat selama 4 bulan, yakni Januari-April 2021 sebesar Rp 300 ribu. 

BNPT atau Bantuan Pangan Non Tunai akan disalurkan hingga Desember 2021 dan PKH atau Program Keluarga Harapan hingga bulan Oktober 2021.

Baca Juga: Mengenal Sosok Jung In, Balita di Korea Selatan yang Meningggal Setelah Diadopsi

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Jogja Mulai Januari 2021 dan Syarat Berkasnya

Untuk penyaluran berbagai bantuan ini, Mensos Risma menyampaikan bahwa pemerintah kembali bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Risma dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 29 Desember 2020.

Penyaluran bantuan pun akan menggunakan strategi cara baru yakni bukan masyarakat yang datang ke kantor pos tapi petugas yang akan datang ke rumah-rumah.

Baca Juga: 10 Juta Penerima Manfaat Akan Terima Bansos BLT PKH yang Cair Hari Ini, Ini Kriterianya

"Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena kita khawatirkan nanti timbul kerumunan karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Bu Mensos," kata Muhadjir.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x