BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Jawa Tengah

- 3 Desember 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan
Ilustrasi berkendara saat hujan /Pixabay/Pexels

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah memberi peringatan dini terkait kondisi cuaca pada rentang waktu 3-5 Desember 2020 di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam siaran pers BMKG yang beredar luas di masyarakat, Rabu (2/12/2020), BMKG Jawa Tengah memprakirakan dalam periode tiga hari ke depan (3-5 Desember 2020) potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Lisa BLACKPINK Ungkap Hadiah Terbaik yang Pernah Diterima, Jawabannya Bikin Ngakak

Hal ini berdasarkan analisis kondisi atmosfer yang menunjukkan adanya shear line atau belokan angin di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu beberapa hari ke depan potensi massa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Dalam siaran pers yang ditandatangani Achadi Subarkah Raharjo, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, tertanggal 2 Desember 2020 seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi bmkg.go.id, Rabu (2/12/2020) disebutkan bahwa potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat  yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Pada tanggal 3 Desember 2020 terjadi di wilayah :

Baca Juga: Takut Virus Corona, Hui PENTAGON Tundah Pendaftaran Wamil

Brebes, Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Kab/Kota Tegal, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Pemalang, Batang, Temanggung, Magelang, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Blora, Purwodadi, Pati, Rembang dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x