Sholat Dhuha Lengkap dari Niat, Rukun, dan Bacaan Doanya

- 1 September 2020, 07:18 WIB
 ilustrasi sholat
ilustrasi sholat /

KABAR JOGLOSEMAR - Sholat Dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang bisa dilakukan setiap hari. Waktu pelaksanaan Sholat Dhuha adalah saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari (sekitar pukul 07:00 pagi) sampai waktu dhuhur (Sekitar pukul 12:00 siang).

Sholat Dhuha dipercaya sebagai salah satu ikhtiar dan doa untuk memperlancar rejeki. Jumlah rakaat dalam Sholat Dhuha antara 2 (dua) sampai 12 (dua belas) rakaat.

Bacaan Sholat Dhuha pun sama dengan sholat wajib hanya beberapa surat dianjurkan untuk dipakai. Surat-surat tersebut antara lain Surat Asy Syamsi dan Surat Ad Dhuha

Baca Juga: Update Harga HP Xiaomi Terbaru Bulan September 2020, Ada Redmi 9A

Sholat Dhuha dikerjakan dengan terlebih dahulu mengucap niat. Hal itu sesuai dengan hadis berikut, seperti dikutip kabarjoglosemar.com melalui Umma.

Rasulullah bersabda:

َمَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ

Artinya:

“Barang siapa yang melakukan sholat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dari hadist di atas dijelaskan bahwa jumlah rakaat sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat. Namun, Sholat Dhuha bisa dikerjakan minimal adalah 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: umma.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X