Doa Buka Puasa Senin Kamis serta Keutamaan Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Pembuka Pintu Surga

- 30 Agustus 2020, 22:53 WIB
Ilustrasi puasa.
Ilustrasi puasa. /Unsplash/Christopher Jolly/

KABAR JOGLOSEMAR - Hari Senin adalah hari yang istimewa untuk umat Islam. Hari Senin memiliki persamaan dengan hari dilahirkannya Rasulullah yaitu Senin, 12 Rabi'ul Awal tahun Gajah, yang bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

Rasulullah menerima wahyu Allah SWT untuk pertama kali juga pada Hari Senin. Hal ini dibuktikan dalam Hadist Riwayat Muslim:

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab: “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.”

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Arab, Latin, dan Terjemahan, Sesuai Sunnah Rasulullah

Pada Hari Senin, umat Islam juga menjalankan ibadah sunnah yaitu puasa Senin Kamis karena bersamaan dengan hari di mana pintu-pintu surga dibuka.

Tentu saja ibadah puasa Senin Kamis ini akan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT dan mendapat pengampunan dari-Nya.

Dalam Hadist Riwayat Muslim pun disebutkan:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

Baca Juga: Anjay Jadi Trending Topic di Twitter

Selain merupakan ibadah sunnah, puasa Senin Kamis juga memiliki keutaman yang luar biasa, antara lain, seperti dikutip kabarjoglosemar.com dari Saintif.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: saintif.com


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X