Pemerintah Gulirkan Berbagai Insentif untuk Dorong UMKM Terdampak Pandemi Corona

- 14 November 2020, 08:57 WIB
ilustrasi BLT
ilustrasi BLT /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Di tengah krisis ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tetap eksis dan terbukti mampu bertahan. Bahkan UMKM jadi penopak ekonomi nasional.

Karena itu, pemerntah memberikan berbagai kemudahan dan insentif agar UMKM tetap bergerak maju.

Baca Juga: BLT Subsidi Upah Tahap 2 Sudah Cair, Cek Sekarang dan Lihat Daftar Penerimanya

Sejumlah insentif yang digulirkan pemerinah adalah mulai dari kemudahan mendapatkan izin, terutama UMKM yang memproduksi obat dan makanan, sampai bantuan modal usaha.

Karena besar dan pentingan peran UMKM dalam menopang ekonomi nasional sampai-sampai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut para pelaku UMKM sebagai pahlawan.

Karena itiu, mereka layak untuk mendapatkan kemudahan dari pemerintah. 

Dalam acara menyerahkan Perizinan Usaha pada pelaku UMKM di Kantor Bupati Gresik, Jawa Timur, Jumat (13/11/2020), Menko PMK mengungkapkan bahwa 86 persen angkatan kerja Indonesia bekerja di UMKM. Di luar itu bekerja di industri besar.

Baca Juga: NIK Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum Tetap Bisa Cairkan BLT BPUM Rp2,4 Juta dengan Syarat Ini

Dengan jumlah yang demikian besar maka UMKM menerap tenaga kerja sangat banyak. Dengan demikian, potensi UMKM semakin besar dalam menyerap tenaga kerja.

Dikatakan, masa pandemi virus Corna memang sangat memukul kelangsungan perekonomian nasional. Bahkan banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan sehingga muncul keluarga miskin baru.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x