Cek di Sini, Masih Ada Kesempatan Bansos Hingga Subsidi Kuota Internet yang Cair Selama PPKM Level 4 dan 3

- 4 Agustus 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi bansos yang disalurkan untuk masyarakat pada Agustus-Desember 2021
Ilustrasi bansos yang disalurkan untuk masyarakat pada Agustus-Desember 2021 /Kabar Joglosemar/Galih WIjaya

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan supaya bansos hingga BLT disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat.

Seiring dengan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3 diperpanjang sampai 9 Agustus 2021, bantuan pun masih disalurkan. 

Baca Juga: Ini Trailer Ikatan Cinta 4 Agustus 2021: Elsa Tak Sadar Beri Petunjuk, Aldebaran Beri Imbalan Rp500 Juta

“Untuk mengurangi beban masyarakat akibat Covid-19 ini, pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro kecil,” kata Presiden Jokowi beberapa waktu lalu dikutip Kabar Joglosemar dari Setkab.go.id.

Penyaluran bansos merupakan salah upaya pemerintah perlindungan sosial bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Berikut daftar bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di masa PPKM Level 4 dan Level 3:

 

  • Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu periode Mei dan Juni 2021. Sehingga bansos BST yang diterima Rp600 ribu. Ada juga tambahan beras 10 kilogram untuk setiap KPM.
  • Subsidi kuota internet gratis selama lima bulan (Agustus-Desember) kepada 38,1 juta penerima dengan total anggaran Rp5,54 triliun.
  • Stimulus atau diskon listrik hingga akhir tahun 2021 yang diberikan kepada total 32,6 juta pelanggan.

Baca Juga: BPNT Rp400 Ribu Cair Agustus, Buka cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Sudah Cair atau Belum

  • Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp500 ribu untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. Bantuan akan diberikan dua bulan, sehingga total bantuan didapatkan Rp1 juta.
  • Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini disalurkan setiap tiga bulan sekali dan masih berlangsung sampai Desember 2021.
  • Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu disalurkan setiap bulan sampai Desember 2021. Ada tambahan bantuan bulan Juli dan Agustus totalnya Rp400 ribu.
  • Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk 3 juta pelaku usaha pada tahap 2. Setiap pelaku usaha akan mendapatkan bantuan Rp1,2 juta.

Baca Juga: Begini Cara Unduh Sertifikat Vaksin Langsung dari Laman pedulilindungi.id, Agar Aman untuk Perjalanan

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x