Persaingan Ketat E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Brand Lokal dan UMKM Pilih Apa?

- 18 Januari 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi e-commerce.
Ilustrasi e-commerce. /Pixabay/Preis_King/

 

KABAR JOGLOSEMAR - Peta persaingan e-commerce di Indonesia sangat menarik pada tahun 2023. Sejak awal tahun, publik menyaksikan maraknya pamor dari inovasi yang memberikan pengalaman berjualan maupun belanja online yang baru.

Sesi live streaming menjadi daya tarik pembeli sehingga aktivitas belanja mengalami peningkatan. Live streaming juga menjadi strategi utama bagi para pelaku usaha, brand lokal maupun UMKM dalam mendulang uang.

Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada pun berlomba- lomba mengambil peran penting dalam membentuk tren tersebut.

Baca Juga: 7 Tips Beli HP Second di Online Shop, Pahami agar Dapat Barang Bagus

Dukungan kuat, terutama untuk brand lokal dan UMKM dalam era live streaming, menjadi pilar utama bagi para pemain e-commerce dalam mendorong ekosistem bisnis berkelanjutan. S

elain dengan perubahan cara belanja masyarakat yang ditawarkan dengan kemajuan inovasi fitur, kehadiran pemain baru hingga adaptasi terhadap kompleksitas isu serta regulasi baru juga mewarnai dinamika peta persaingan e- commerce di Indonesia.

Lantas, sejauh mana dampaknya terhadap dominasi para pemain e-commerce lainnya, khususnya pada akhir tahun 2023? Siapakah yang menjuarai persaingan live streaming di Indonesia?

Baca Juga: Cara Menghemat Biaya Pernikahan di Rumah, 7 Solusi Simpel agar Tidak Pusing Soal Uang

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x