Soal Kredit Macet Petani Rp600 Miliar, Ganjar Pastikan akan Menghapusnya

- 2 Januari 2024, 16:53 WIB
Di hadapan ribuan petani Demak, Ganjar siap tambah pupuk khusus petani. Foto: Tim media Ganjar
Di hadapan ribuan petani Demak, Ganjar siap tambah pupuk khusus petani. Foto: Tim media Ganjar /

KABAR JOGLOSEMAR - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengungkap bahwa dirinya akan memastikan untuk menghapus kredit macet petani yang saat ini mencapai Rp600 miliar.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar pada peluncuran Program Pemutihan Utang di Desa Selepan Wilalung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

“Kami menghitung, kurang lebih kredit macet petani itu sekitar Rp 600an miliar. Maka, kita akan juga hapuskan. Yang utang Kredit Usaha Rakyat (KUR) macet, karena ada persoalan, memang persoalannya karena musibah,” kata Ganjar.

Baca Juga: Jadwal Keberangkatan KRL Jogja-Solo 2 Januari 2024 dari Stasiun Lempuyangan

Sebelumnya, saat mengunjungi Provinsi Jawa Barat, Ganjar juga menemukan adanya program penghapusan utang nelayan, yang nilainya sebesar Rp186 miliar.

Namun penghapusan utang, lanjutnya, bukan tanpa syarat sebab harus dicek secara selektif penyebab petani mengalami kredit macet.

“Tentu saja, kami juga akan melakukan pengecekan. Mana yang memang karena situasi yang sulit, mana yang karena itikadnya buruk. Itu cara kita membantu petani. Kami sedang mengkaji itu baik-baik agar seperti yang terjadi pada nelayan, kemudian petaninya ini merasa kesulitan, kami mau hapuskan itu” katanya.

Baca Juga: Jadwal Keberangkatan KRL Jogja-Solo 2 Januari 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta

Langkah-langkah konkret yang akan ditempuh merupakan bentuk kepedulian Ganjar-Mahfud untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Halaman:

Editor: Ayusandra A S A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x