Viral di TikTok Pengungsi Rohingya di Aceh Mengeluh Nasi Sedikit Sehingga Tidak Puas, Siapa Itu Orang Rohingya

- 29 November 2023, 17:31 WIB
Unggahan di TikTok tentang pengungsi Rohingya
Unggahan di TikTok tentang pengungsi Rohingya //foto: tangkapan layar TikTok @hotli simanjuntak/

KABAR JOGLOSEMAR - Belakangan viral di TikTok beberapa video orang-orang yang disebut sebagai pengungsi Rohingya mengeluh nasi bungkus yang didapat porsinya sedikit sehingga mereka merasa tidak kenyang.

Pengungsi Rohingya itu berada di Aceh karena tapi ditolak oleh negaranya sendiri sehingga memilih mengungsi ke luar negeri.

Rohingya adalah kelompok etnis Indo-Arya tanpa kewarganegaraan yang sebagian besar menganut Islam dan tinggal di Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menabung di Bank, Cek Info Lengkapnya Berikut

Pada tahun 2017 ada lebih dari 740.000 etnis Rohingya melarikan diri ke Bangladesh karena terjadi penolakan oleh warga Myanmar yang mayoritas beragama Budha.

Diperkirakan ada 1,4 juta orang Rohingya tinggal di Myanmar namun pada tahun 1982 menjadi  Pemerintah Myanmar menerbitkan Undang Undang Kewarganegaraan.

Melalui kebijakan ini, etnis Rohingya tidak dimasukkan sebagai ‘ras nasional’ Myanmar. Akibatnya, mereka menjadi populasi tanpa kewarganegaraan (stateless) terbesar di dunia.

Baca Juga: Momen Belanja Akhir Tahun di Shopee 12.12 Birthday Sale Jadi Spesial, Nikmati 40% Cashback Lewat Shopee Video

“Sebagai populasi tanpa kewarganegaraan, keluarga Rohingya tidak memiliki hak-hak dasar dan perlindungan, serta sangat rentan terhadap eksploitasi, kekerasan seksual dan kekerasan berbasis gender, serta pelecehan,” tulis keterangan UNHCR.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x