Unik, Jepang Punya Toilet Umum Transparan

- 20 Agustus 2020, 14:25 WIB
Toilet di Haru-no-Ogawa Community Park
Toilet di Haru-no-Ogawa Community Park /Satoshi Nagare via Nippon Foundation

 

KABAR JOGLOSEMAR - Desain toilet yang ada di taman di Tokyo, Jepang baru-baru ini menarik perhatian lantaran desainnya yang begitu unik. Jika biasanya swbuah toilet itu didesain tertutup, namun di sini toilet tersebut justru transparan.

Namun tidak perlu khawatir akan terlihat jika ada di dalam situ. Toilet itu menggunakan semacam kaca pintar berwarna yang bisa berubah menjadi buram saat biliknya ditempati.

Toilet tersebut merupakan garapan proyek arsitek pemenang Pritzker Shigeru Ban, bekerja sama dengan sejumlah desainer terkemuka lain. Adapun pengadaan toilet ini diselenggarakan oleh Nippon Foundation nirlaba.

Baca Juga: Buat Akun Tiktok, Gordon Ramsay Komentari Video Masak Netizen

Pemasangan toilet transparan ini merespon dua permasalahan kamar kecil khususnya yang terletak di area taman kota, salah satunya soal kebersihan.

“Ada dua masalah dengan toilet umum, terutama yang terletak di taman,” kata pihak Nippor Foundation seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari The Guardian pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Seorang wanita akan masuk di toilet transparan di Yoyogi Fukamachi Mini Park
Seorang wanita akan masuk di toilet transparan di Yoyogi Fukamachi Mini Park Satoshi Nagare via Nippon Foundation

"Yang pertama adalah di dalam bersih, dan yang kedua adalah tidak ada yang diam-diam menunggu di dalam."

Dengan menggunakan teknologi baru, yayasan tersebut mengatakan bahwa dinding luar kaca bilik menjadi buram setelah pintu dikunci, memungkinkan calon pengguna untuk mengamati interior sebelum menghabiskan satu sen.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x