Waspada! 13.335 Warga Terdampak Banjir Di Kapuas Hulu Hari Ini

- 6 Agustus 2022, 21:55 WIB
Banjir di Kapuas Hulu
Banjir di Kapuas Hulu /Instagram @hudinsoleh1468

KABAR JOGLOSEMAR - Bencana banjir besar kembali terjadi dan melanda lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, sejak Jumat (5/8/2022).

Melansir dari berbagai sumber, Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, mencatat ada 2.984 rumah terendam dan 13.335 jiwa terdampak hingga Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga: Ria Ricis Ungkap Nama Sang Anak, Oki Setiawan Sebut Sebagai Penghibur

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan bencana alam ini terjadi menyusul tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir.

Banjir diperkirakan mulai terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Banjir ini disebabkan oleh luapan air Sungai Kapuas, Sungai Mendalam dan Sungai Sibau serta anak-anak sungai.

Adapun lima kecamatan yang terdampak banjir yakni Putussibau Utara, Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Pengkadan Kecamatan Seberuang dan Kecamatan Silat Hilir.

“Untuk di Putussibau Utara ada empat desa terdampak banjir, kemudian di Putussibau Selatan ada dua desa, termasuk wilayah Kelurahan Kedamin Hilir juga mulai terendam, kemudian di Kecamatan Pengkadan ada satu desa, Kecamatan Seberuang ada dua desa, dan kecamatan Silat Hilir ada satu desa,” kata Gunawan mengutip dari berbagai sumber.

Banjir yang merendam lima kecamatan tersebut juga mengakibatkan kerusakan pada fasilitas umum, salah satunya Jembatan Belimbing di Desa Jerenjang, Kecamatan Seberuang. Sehingga sejumlah desa tidak dapat diakses dengan kendaraan.

Pihaknya akan terus melakukan upaya penanganan, memonitor wilayah yang terdampak banjir dan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan terkait.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x