Waspada Erupsi Susulan Gunung Raung, Warga Diimbau Menjaga Jarak Minimal 2 Km dari Puncak Gunung

- 28 Juli 2022, 20:27 WIB
Gunung Raung erupsi berdampak pada penutupan jalur pendakian
Gunung Raung erupsi berdampak pada penutupan jalur pendakian / Instagram @pvmbg

 

 

KABAR JOGLOSEMAR - Gunung Raung, Jawa Timur mengalami erupsi pada Rabu (27/7/2022). Bagi warga yang beraktivitas dihimbau untuk menjaga jarak minimal 2 km dari puncak Gunung.

Melansir dari berbagai sumber, Erupsi Gunung Raung ini mengakibatkan hujan abu vulkanik yang mengguyur wilayah sekitarnya. Namun, material erupsi abu vulkanik disebut tidak berbahaya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung Mukijo menyatakan, abu vulkanik dari Gunung Raung membubung hingga ketinggian 1.500 meter dari puncak gunung.

Baca Juga: Download GTA San Andreas 2.00 Full Game di HP Android GRATIS, Langsung Pakai Lin Download Ini yang Legal

"Untuk sementara tidak membahayakan masyarakat. Masyarakat kalau aktivitas tidak ada imbauan khusus. Status masih normal," ucap Mukijo dikutip dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

Mukijo menyebut jarak aman yang dianjurkan kepada warga untuk beraktivitas di sekitar gunung yakni 2 kilometer dari puncak Gunung Raung. Hal ini untuk mengantisipasi adanya erupsi susulan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Jarak aman 2 kilometer dari puncak. Kita evaluasi kita lihat ada peningkatan lagi atau tidak, kalau memang ada peningkatan ya bisa dinaikkan, kalau tidak ya tetap di status normal," tuturnya.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x