Waspada! Status Gunung Raung di Banyuwangi Jatim Naik per 21 Januari 2021

- 21 Januari 2021, 21:44 WIB
Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur
Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur /Instagram.com/@lusiatere

KABAR JOGLOSEMAR - Aktivitas vulkanik di Gunung Raung mengalami peningkatan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun menaikkan status Gunung Raung menjadi level II atau Waspada pada Kamis, 21 Januari 2021.

Gunung Raung berada di Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Keputusan naik level ini berdasarkan pengamatan instrumental yang dilakukan sejak 1-19 Januari 2021. 

Baca Juga: Hari Ini, Tambahan Kasus Positif Corona di DIY Lebih dari 100 Orang

Baca Juga: Alasan Potong Kuku di Hari Jumat adalah Sunnah yang Utama untuk Dilakukan

Terjadi aktivitas Gempa Hembusan dan Gempa Tektonik terekam dan lebih mendominasi. Hal ini mengindikasikan adanya suplai magma di Gunung Raung. 

“Pada 20 Januari 2021, terekam adanya Tremor Non Harmonik dan Gempa Vulkanik Dalam yang mengindikasikan adanya suplai magma dari kedalaman di bawah kawah puncak Gunung Raung,” dikutip KabarJoglosemar.com dari laman resmi BNPB.

Dilaporkan pada pukul 00.00 hingga 06.00 WIB pada Kamis, 21 Januari 2021 terekam terjadi 8 kali Gempa Hembusan dan 31 kali Tremor Non Harmonik. Warna kolom hembusan gas di Gunung Raung mulai mengalami perubahan pada hari ini.

Perubahan itu mengindikasikan ada material abu yang terbawa ke permukaan. Namun, sebaran material dari hembusan abu masih berada di sekitar kawah/puncak gunung.

Baca Juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Arab dan Tulisan Bahasa Indonesia, Baik Dibaca di Hari Jumat

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x