Ahli Kimia Jelaskan Sifat Nitrogen Cair Dalam Ice Smoke, Bisa Sebabkan Bocah TK Di Ponorogo Terbakar

- 14 Juli 2022, 20:15 WIB
Ilustrasi nitrogen cair yang dituang ke makanan.
Ilustrasi nitrogen cair yang dituang ke makanan. /David Disponett/pexels

KABAR JOGLOSEMAR- Nasib malang dialami bocah TK berinisial AFT (5) warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

AFT menderita luka bakar di sekujur tubuhnya, kejadian itu dialami saat hendak menyantap jajanan Ice Smoke atau jajanan diberi nitrogen cair saat sedang melihat pertunjukan Reog. Saat ini Ahsan tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Muslimat Ponorogo.

Baca Juga: Catat! Aturan Baru Minyakita, Pelaku Usaha Dapat Insentif?

Peristiwa tersebut ditanggapi oleh Kepala Departemen Kimia Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Fredy Kurniawan, ia menjelaskan bahwa nitrogen cair tidak bisa mengeluarkan api tanpa sebab. Nitrogen yang memiliki rumus kimia N2 tidak dapat mengeluarkan api.

Nitrogen dengan rumus 2 menandakan tidak bisa mengeluarkan api, nitrogen dengan rumus kimia N2 sebenarnya merupakan gas pada temperatur ruangan. Namun jika tekanannya dinaikkan, bentuknya berubah menjadi cair.

"Dinaikkan tekanannya jadi cair. N2 ini sangat dingin di bawah titik beku air," kata Prof Fredy.

Baca Juga: Nonton Streaming GRATIS Thor Love and Thunder 2022 di Telegram? Pakai Link Aman Berikut untuk Nonton

Menurutnya, nitrogen dengan rumus kimia N2 ini sangat dingin, sehingga jika bersentuhan dengan suhu tubuh manusia secara langsung tidak diperbolehkan.

Meskipun nitrogen tidak mengeluarkan api, namun zat itu mampu berubah menjadi cold burn atau terbakar karena suhu yang sangat dingin.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x