7 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Salah Satunya Menebar Kebaikan

- 3 Juli 2022, 20:14 WIB
Ilustrasi. Berikut ini tip untuk memilih hewan kurban Hari Raya Idul Adha 2021, pastikan beberapa poin ini terpenuhi.
Ilustrasi. Berikut ini tip untuk memilih hewan kurban Hari Raya Idul Adha 2021, pastikan beberapa poin ini terpenuhi. /Pixabay/pixel2013

KABAR JOGLOSEMAR - Sebentar lagi umat muslim seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau biasa dikenal dengan Hari Raya kurban.

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah tahunan bagi umat Islam yang sangat dianjurkan, terutama bagi yang memiliki kemampuan secara materi.

Baca Juga: Penting! Simak 5 Tips Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik, Tidak Boleh Kurus

Tentu banyak sekali keutamaan berkurban dan hikmah yang bisa didapatkan oleh umat Islam yang melaksanakannya.

Bagi Anda yang ingin berkurban, penting untuk mengetahui keutamaan dan hikmah dari menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa keutamaan berkurban jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya :
1. Meneladani Nabi Ibrahim, Ismail, dan Muhammad SAW
Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah manusia teladan yang benar-benar menunjukkan diri sebagai seorang hamba Allah yang taat. Sosok mereka ini lah yang seharusnya menjadi panutan dan kita ikuti jalan hidupnya. Kurban, bukan saja dilaksanakan oleh mereka, namun juga dilanjutkan oleh Nabi Muhammad SAW saat di Mekkah dan Madinah.

Baca Juga: Segera Download Minecraft 1.19.2 di HP Android, KLIK Link Resmi Mojang Studios Berikut

Sebagai pengikut jalan hidup para Rasul yang menegakkan Islam Rahmatan Lil Alamin di bumi ini, tentu kita akan ikuti juga teladan mereka dalam melaksanakan ibadah kurban. Selain mendapat pahala, kelak di akhirat kita juga akan mendapat keutamaan sebagai pengikut para nabi dan Rasul tersebut.

2. Sebagai Syiar Agama
Dalam keutamaan berkurban Iduladha ini, umat Muslim yang melaksanakan kurban sudah turut serta menyebarkan pesan atau syiar agama, yaitu tentang kewajiban berkurban yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x