Pandemi Covid-19 Naik Lagi, Varian Baru Covid Sudah Masuk Indonesia

- 14 Juni 2022, 13:19 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/BlenderTimer

 
KABAR JOGLOSEMAR - Pandemi Covid-19 di Indonesia kembali mengalami kenaikan kasus. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat ada tambahan 574 kasus. 
 
Jumlah tersebut turun dari hari sebelumya 627 kasus, yang merupakan penambahan kasus tertinggi dalam 7 pekan terakhir. Secara persentase, rata-rata penambahan kasus tersebut melejit lebih dari 92%.
 
Sementara itu, Kementerian Kesehatan menemukan varian virus Covid-19 baru yang masuk ke Indonesia, yakni Subvarian BA 4 dan BA 5. 
 
 
Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif. Kasus tersebut ditemukan setelah hari Raya Idul Fitri 2022. 
 
Melansir dari berbagai sumber, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan kenaikan kasus tersebut diakibatkan varian baru yang sudah masuk ke Indonesia. Varian tersebut yakni Omicron BA.4 dan BA.5.
 
"Untuk informasi, (sudah) ditemukan di Indonesia kemarin di Bali sudah ada 4 orang yang terkena BA.4 dan BA.5. Kita sekarang sudah monitor karena memang ini bisa menghindari imunitas vaksin, penyebarannya juga cepat sama seperti varian Omicron," jelas Budi.
 
 
Meski begitu, Budi mengatakan kasus Covid-19 di Indonesia masih terpantau baik. Penyebabnya adalah angka positivity rate dan transmisi kasus yang dilaporkan rendah.
 
"Tapi berhubung imunitasnya masih tinggi, kita lihat kenaikannya kasus masih dalam level yang aman," katanya.
 
Gejala BA.4 dan BA.5 ini disebut mirip seperti varian virus Corona lainnya. Maka dari itu, Anda harus mengenali tanda tanda kemungkinan terpaparnya.
 
 
Berikut ini tanda-tanda omicron BA.4 dan BA.5:
Gejala Umum
- Demam
- Batuk
- Kelelahan
- Hilangnya rasa atau bau
 
Gejala Kurang Umum
- Sakit tenggorokan
- Sakit kepala
- Sakit dan nyeri
- Diare
- Perubahan warna jari tangan atau kaki
- Mata merah atau iritasi
 
Hingga saat ini, Pemerintah juga masih terus gencar melakukan vaksinasi. Seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat segera melakukan vaksin agar rentan untuk terpapar varian covid-19.***

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x