Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi: Ideologi Pancasila dan Nilainya Memandu Bangsa Indonesia

- 1 Oktober 2021, 08:55 WIB
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober /Dok. Twibbonize

KABAR JOGLOSEMAR - 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa peristiwa Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia.

Namun, Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi tantangan yang terjadi di negeri ini. Hal itu karena adanya Pancasila yang menjadi ideologi bangsa.

“Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan,” tulis @jokowi di Instagram pada 1 Oktober 2021.

Baca Juga: Simak Jenis Protein Hewani yang Harus Dimasak Sampai Matang

Menurutnya, Pancasila itu mengandung nilai-nilai yang memandu bangsa Indonesia mampu menghadapi tantangan yang terus berdatangan. Meskipun beda zaman tapi Pancasila menjadi dasar dan menuntun bangsa Indonesia.

“Ideologi Pancasila dengan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda,” ungkapnya dikutip Kabar Joglosemar.

Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober 2021. Peringatan ini dimaksudnya untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Daftar Hari Nasional dan Internasional yang Diperingati Bulan Oktober

Hal ini juga sebagai wujud penghormatan atas jasa para Pahlawan Revolusi. Ditetapkannya Hari Kesaktian Pancasila ini masih ada kaitannya dengan Gerekan 30 September/ Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Instagram @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x