Kemensos Percepat Salurkan BST, BPNT Atau Kartu Sembako dan PKH

- 28 Juli 2021, 12:34 WIB
Ilustrasi program bansos untuk buruh
Ilustrasi program bansos untuk buruh /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Kementerian Sosial (Kemensos) mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) seperti BST, BPNT/Kartu Sembako dan PKH.

Hal ini dilkukan untuk meringankan beban masyarakat sebagai dampak dari penerapan PPKM Level 4 yang berlangsung hinga 2 Agustus 2021.

Selain dalam bentuk uang tunai, bansos tersebut dalam bentuk beras masing-masing 10 kilogram per orang.

Baca Juga: 21,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Kembali Tiba di Indonesia

Ada 10 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) KPH mendapatkan bantuan sosial, 8,8 juta KPM penerima bantuan pangan non tunai (BPNT)/kartu sembako non PKH.

Untuk keperluan tersebut, pemerintah sudah mengalokasikan BST sebesar Rp 15,1 triliun untuk 10 juta KPM selama 2 bulan yakni Mei-Juni 2021, yang cair pada Juli ini masing-msing Rp 600 ribu/KPM. Bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Menurut Mensos Tri Rismaharini, untuk bansos BPNT/kartu sembako, Kemensos mengalokasikan danar Rp 42,3 triliun untuk 18,8 juta KPM.Merek mendapat tambahan bantuan selama 2 bulan, Juli dan Agustus 2021, masing-masing sebesar Rp 200 ribu per KPM tiap bulan.Bantuan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara).

Mensos Tri Rismaharini yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman kemensos.go.id pada Rabu, 28 Juli 2021, menyebutkan bahwa alokasi nggaran untuk PKH mencpi Rp 28,3 triliun untuk 10 juta KPM dengan 3 komponen, yakni komponen kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial (kesos).

Baca Juga: Raffi Ahmad Naikkan Gaji Pegawai hingga 20 Persen Selama PPKM Darurat

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x