Pemda DIY Siapkan 59 Shelter untuk Isolasi Mandiri

- 10 Juli 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi pandemi corona
Ilustrasi pandemi corona /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Untuk mengantisipasi kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY, Pemda DIY telah menyiapkan 59 shelter dengan kapasitas mencapai 856 orang.

Shelter tersebut akan digunakan untuk isolasi mandiri. Secara bertahap Pemda DIY akan terus menambah jumlah shelter.

Baca Juga: Kalina Octaranny Hamil, Istri Vicky Prasetyo Ini Ungkap Alasan Beli Test Pack Hingga Tiga Kali

Menurut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X), penambahan shelter tersebut dilakukan sesuai Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bahwa tidak semua orang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit tapi ada yang cukup melakukan isolasi mandiri.

Dikatakan, mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tapi tidak memiliki gejala sesak napas, saturasi di atas 95 persen dan tidak memiliki komorbid, cukup melakukan isolasi mandiri di rumah atau shelter yang tersedia di wilayah masing-masing.

Hal ini sebagai salah satu upaya menurunkan tingkat keterisian bed di RS Rujukan Covid-19 DIY. Dengn cara ini, bed yang tersedia di RS hanya untuki pasien Covid-19 dengan kondisi gejala sedang/berat dan kritis.

Baca Juga: Kode Redeem FF 10 Juli 2021, Klaim Kode Redeem Free Fire Hari Ini dan Raih Hadiah Karakter Chrono Gratis!

Sultan HB X yang dikutip Kabar Joglosemar dari Humas Pemda DIY pada Jumat, 9 Juli 2021, mengatakan, penambahan kapasitas bed di RS Rujukan Covid-19 terus dilakukan.

Ia memberi contoh RS Hardjolukito, yang memiliki sebuah gedung baru yang belum dimanfaatkan. Selain itu RS Rujukan Covid-19 didorong untuk menambah jumlah bed isolasi agar mencapai persentase 30-40 persen.

Pada bagian lain Sultan HB X mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, yang telah menjamin ketersediaan oksigen di wilayah DIY. Jaminan ketersediaan oksigen itu dapat mendukung operasional Rumah Sakit di DIY.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X