Giliran Kupang, NTT Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

- 28 Juni 2021, 13:55 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /Pixabay/Tumisu

KABAR JOGLOSEMAR - Giliran Kota Kupang, Provinsi NTT diguncang gempa magnitudo 5,0 pada hari Senin, 28 Juni 2021 pukul 08:56:41 WIB. Episenter gempa di laut 49 km arah Tenggara Oelamasi, Kupang dengan kedalaman 17 km.

Gempa di Kupang, NTT terjadi akibat tumbukkan lempeng benua Australia dan Busur Banda dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault) dirasakan di Kupang, NTT dengn skala II-III MMI.

"Senin, 28 Juni 2021 pukul 08:56:41 WIB Kupang diguncang gempa Mw5,0. Episenter di laut 49 km arah Tenggara Oelamasi, Kupang, kedalaman 17 km akibat tumbukkan lempeng benua Australia dan Busur Banda dgn mekanisme pergerakan naik (thrust fault) dirasakan di Kupang II-III MMI," tulis DARYONO BMKG dikutip Kbar Joglosemar di akun Twitter @DaryonoBMK, Senin 28 Juni 2021.

"wah masih ada lagi, pindah tempat lagi, skala 5 lagi. semoga mandali," komentar bimo sutresno di akun Twitter @bimokresno.

Sebelumnya terjadi gempa di Jogj dengan Magnitudo 5,3 pada hari Senin pagi, 28 Juni 2021 pukul 05.15 WIB.Gempa Yogyakarta mag 5,3 tersebut dirasakan di Bantul, Gunungkidul dalam skala intensitas III-IV MMI.

Kemudin getaran gemp juga dirasakan di Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk III MMI, Sleman, Yogyakarta dengn skala II-III MMI serta Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, dan Solo dengan skala II MMI.

Baca Juga: Positif Covid-19, Kondisi Jane Shalimar Kritis dan Membutuhkan Stok Tabung Oksigen

Menurut DARYONO BMKG, bila dilihat dari ground motion-nya yang kuat, sementara magnitudonya relatif kecil dengan spektrum guncangan yang luas, maka gempa yang terjadi selatan Yogyakarta mag 5,3 tersebut tampaknya berpusat di dalam lempeng (intraslab) pada kedalaman menengah.

Hal ini mirip dengan gempa yang terjadi di selatan Malang pada 10 April dan 21 Mei 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x