Gempa 5,3 SR Guncang Gunungkidul, 13 Daerah Ikut Rasakan Getarannya

- 28 Juni 2021, 10:42 WIB
Gempa mengguncang Gunungkidul, Jogja dimutakhirkan menjadi  5,1 Mw pada Senin, 28 Juni 2021 pagi
Gempa mengguncang Gunungkidul, Jogja dimutakhirkan menjadi 5,1 Mw pada Senin, 28 Juni 2021 pagi /BMKG

KABAR JOGLOSEMAR - Gempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo terjadi pada hari Senin, 28 Juni 2021 pukul 05.15 WIB.

Gempa yang terjadi di 8.49 lintang selatan dan 110.59 bujur timur yang berada di kedalaman 55 kilometer di bawah laut itu dirasakan di 13 daerah.

Baca Juga: Demi Konten 'Mukbang', DJ Katty Butterfly Rela Makan Ini hingga Berujung Dilarikan ke Rumah Sakit

Menurut data BMKG, pusat gempa berada di kedalaman laut 55 kilometer barat daya Gunungkidul, DIY. Gempa tersebut dirasakan di 13 daerah, baik di Provinsi DIY, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Dikutip Kabar Joglosemar dari laman bmkg.go.id pada Senin, 28 Juni 2021, gempa dirasakan dengan skala III-IV di Bantul, skala III-IV Gunungkidul, skala III Purworejo, skala III Trenggalek, skala III Tulung Agung, skala III Blitar, skala III Nganjuk, skala II-III Sleman,skala II-III Yogyakarta, skala II Klaten,skala II Banjarnegara,skala II Malang dan skala II Solo.

Sejumlah warga Jogja merasakan gempa dengan getaran yang sangat besar dan lama. "Kenceng bgt pak dibantul. Dikira nya sesar opak," cuit lussy di akun twitter @lu_lussy.

Baca Juga: Merasakan Dua Kali Gempa di Jogja, Zaskia Adya Mecca Ungkap Manfaat Bangun di Waktu Subuh

"Gempaaaa. Banter banget luuurrrr. Bingung antara mimpi po tenannnn," tulis Budi Rahayu, warga Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman di sebuah grup whatsapp pada Senin,28 Juni 2021 pukul 05.19 WIB.

Sementara menurut DARYONO BMKG yang dikutip Kabar Joglosemar di akun twitter @DaryonoBMKG yang diunggah pada Senin, 28 Juni 2021, mMelihat ground motionnya yang kuat padahal magnitudo relatif kecil dengan spektrum guncangan yang luas, gempa selatan Yogyakarta mag 5,3 pagi ini tampaknya berpusat di dalam lempeng (intraslab) pada kedalaman menengah mirip dengan gempa selatan malang 10 April dan 21 Mei 2021.

Baca Juga: Mengerikan, Usai Banjir Ratusan Mayat Muncul di Sungai Gangga India

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x