10 Juni Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Apakah Terlihat di Indonesia? Ini Jawabannya

- 8 Juni 2021, 15:43 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin atau Annular Solar Eclipse yang bakal terlihat di sebagian wilayah pada 10 Juni 2021
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin atau Annular Solar Eclipse yang bakal terlihat di sebagian wilayah pada 10 Juni 2021 /NASA

KABAR JOGLOSEMAR - Fenomena langit Gerhana Matahari Cincin bakal terlihat dari permukaan Bumi pada Kamis, 10 Juni 2021.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin bisa terjadi karena bulan tidak menutupi pusat matahari menyeluruh dan meninggalkan bagian luarnya membentuk cincin.

Dikutip dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena astrologi ini juga sekaligus menandai fase Bulan baru.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aset Kripto yang Berpotensi Naik Sepanjang Tahun 2021, Selain Ethereum dan Bitcoin 

Lantas wilayah mana saja yang bisa melihatnya dan apakah Indonesia juga termasuk? Untuk tahun ini sayang sekali Indonesia tidak akan kebagian melihat fenomena ini.

"Gerhana Matahari Cincin tidak bisa diamati dari Indonesia, tapi di wilayah ke Kutub Utara," ungkap Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN, Emanuel Sungging Mumpuni saat dikonfirmasi Kabar Joglosemar pada Selasa, 8 Juni 2021.

Wipayah yang beruntung bisa menyaksikannya ialah Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada serta Kawasan Siberia, Rusia mulai pukul 19.00 waktu setempat.

Baca Juga: Gua Maria Kerep Ambarawa Ditutup Sementara hingga Waktu yang Belum Ditentukan

Sementara itu negara lain juga bisa menyaksikan gerhana matahari meski hanya sebagian yakni di wilayah Greenland, Islandia, Eropa, Rusia dan sejumlah negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat.

Lalu bagaimana jika masyarakat Indonesia ingin menyaksikan fenomena astrologi ini?

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x