Prosesi Garebeg Syawal Ditiadakan, Keraton Yogyakarta Membagi Pareden Gunungan

- 14 Mei 2021, 07:03 WIB
Garebeg Kraton Yogyakarta
Garebeg Kraton Yogyakarta /Bagus Kurniawan/portaljogja.com
 

KABAR JOGLOSEMAR - Tidak seperti pada perayaan Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya yang selalu diwarnai dengan prosesi Garebeg Syawal dengan arak-arakan prajurit Kraton dengan membawa gunungan, kali ini Keraton Yogyakarta hanya melakukan pembagian pareden gunungan.

Pembagian pareden gunungan berupa rengginang kepada Abdi Dalem Keraton Yogyakart, Puro Pakualaman dan Kepatihan itu untuk menggantikan Garebeg Syawal itu di Pendapa Wiyata Praja Kompleks Kepatihan Yogyakarta, hari Kamis, 13 Mei 2021.

Pembagian pareden gunungan Keraton Yogyakarta dalam peringatan Idul Fitri 1442H/2021 ini dilakukan Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Baca Juga: Masih Trending Tagar #SlankPenipu di Twitter, Ini Penjelasannya

Dikutip Kabar Joglosemar dari Humas DIY pada Kamis, 13 Mei 2021, Sekda DIY Kadarmanta Aji mengatakan bahwa kebijakan yang sama juga dilakukan pada Idul Fitri 2020. Hal ini dilakukan karena masih dalam pandemi Covid-19.

"Ini untuk mendukung anjuran pemerintah sekaligus menyesuaikan dengan kondisi tanggap darurat bencana Covid-19 DIY," kata Kadarmanta Aji.

Dalam pembagian paraden gunungan kali ini, menurut Kadarmanta Aji, Kepatihan menerima dua bokor (kendi tempat rengginang) berisi 100 rengginang dari total sekitar 3.000 rengginang yang dibuat Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: Viral Video Seorang Pria Kirim Surat Izin Nongkrong ke Pacar, Jawabannya Bikin Bingung

Kadarmanta Aji pun mengucapkan terima kasih kepada Keraton Yogyakarta dan Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono atas berkah yang telah diberikan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X