Kabinda Papua Gugur Ditembak, Presiden Jokowi: Tak Ada Tempat bagi KKB

- 26 April 2021, 13:37 WIB
Kabinda Papua, Brigjen TNI IGP Dani Nugraha Karya, gugur pada Minggu, 25 April 2021.
Kabinda Papua, Brigjen TNI IGP Dani Nugraha Karya, gugur pada Minggu, 25 April 2021. /KALBAR TERKINI/PRIANGAN TIMUR NEWS/KALB AR TERKINI/MULYANTO ELSA
 
 
KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan duka yang mendalam atas gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya yang ditembak KKB pada hari Minggu 25 April 2021.
 
Untuk itu Presiden Jokowi meminta TNI dan Polri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB di Papua.
 
"Saya tegaskan tidak ada tempat untuk KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Negara Jakarta dikutip Kabar Joglosemar dari kanal YouTube Setneg pada Senin 26 April 2021.
 
 
Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua pada hari Minggu 25 April 2021.
 
Atas nama sleuruh rakyat, bangsa dan negara, Presiden Jokowi menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga yang dintinggalkan.
 
"Mari kita mendoakan semoga arawah almarhum Brigjen TNI I Gusti Putu Danny mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Dan negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi tas dedikasi pengabdian serta pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Presiden Jokowi.
 
 
Presiden Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari panglima TNI dan Kepala BIN tentang gugurnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti putu Danny Nugraha dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata KKB di kampung distrik Kabupaten Puncak Provinsi Papua pada Minggu sore 25 April 2021.
 
Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI Angkatan Laut awakKRIManggala-402 dalam melaksanakan tugas di area utara Pulau Bali.
 
"Mereka adalah putra putra terbaik bangsa, patriot terbaik menjaga kedaulatan negara. Pengabdian saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran dan ketabahan," kata Presiden Jokowi.
 
 
Dikatakan, negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta bintang jasa jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit tersebut. Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit TNI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1.
 
"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, KNKT beserta seluruh unsur yang tidak bisa disebut satu persatu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggal-402.Terima kasih danpenghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal selam TNI Nanggala-402," kata Presiden Jokowi.***
 
 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x