Pamer Desain Istana Garuda Ibukota Baru, Jokowi: Saya Harap Masukannya

- 3 April 2021, 16:11 WIB
Pradesain Istana Negara baru yang mengusung filosofi burung Garuda
Pradesain Istana Negara baru yang mengusung filosofi burung Garuda /@jokowi/instagram



KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo atau yang kerap disapa dengan Jokowi mengungkap pra-desain Istana Garuda Ibukota Baru.

Melalui akun Instagramnya @Jokowi, ia mengunggah postingan yang menunjukkan rancangan ataupun pradesain dari Istana Garuda Ibukota Baru.

Gedung kepresidenan yang direncanakan berlokasi di Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur ini di pamerkan oleh Presiden Jokowi dan diunggah pada Jumat (2/4).

Baca Juga: Liliana Tanoesoedibjo Mendadak Foto Bareng Amanda Manopo, Berikan Pin Emas Kepada Seluruh Pemain Ikatan Cinta

Baca Juga: Update Kode Redeem Mobile Legends (ML) Hari Ini 3 April 2021, Klaim Dapatkan Item hingga Skin Gratis!

Dalam postingan tersebut ayah kandung Gibran Rakabuming Raka ini juga meminta masukan kepada para warga masyarakat mengenai pra-desain Istana Garuda Ibukota Baru tersebut.

"Saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," tulis Jokowi, dikutip KabarJoglosemar.com dari akun Instagram @jokowi, Sabtu 3 April 2021.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan mengenai latar belakang dari rancangan pra-desain Istana Garuda. Gedung pusat kepresidenan yang berbentuk Garuda ini, merupakan usulan dari seniman pahat asal Bali, I Nyoman Nuarta.

Baca Juga: Sah, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Resmi Menjadi Suami Istri, Akad Nikah Berlangsung Khidmat

Baca Juga: Pertama! Pemeran Utama dengan Potongan Rambut Pendek di Sinetron, Andin 'Ikatan Cinta' Berhasil Curi Perhatian

Masukan I Nyoman Nuarta didapatkan setelah Kementrian PUPR (Perumahan dan Pekerjaan Umum) mengadakan sayembara mengenai desain ataupun gagasan pembangunan gedung kepresidenan di Ibukota Baru.

"Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru," tulis Presiden Jokowi.

Adapun alasan mengenai lambang Burung Garuda yang akan dijadikan desain utama dari gedung baru kepresidenan ini.

Baca Juga: Belasan Karyawan Positif Corona, Bali Ndeso Kampung Flory, Sleman Ditutup

Baca Juga: 4 Tamu Penting yang Akan Datang Hadiri Pernikahan Atta-Aurel

Burung Garuda melambangkan pemersatu bangsa yang diambil dari semboyan ideologi tanah air yakni Bhineka Tunggal Ika.

Kendati demikian, Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa desain Istana Garuda Ibukota Baru yang ia pamerkan masih dalam tahap pra-desain.

Artinya, ia terus membuka masukan maupun kritik terkait dengan desain Istana Garuda Ibukota Baru tersebut.

"Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," tegas Presiden Jokowi.

Terakhir, Jokowi berharap supaya warga masyarakat aktif dalam menilai serta memberikan masukan mengenai pra-desain Istana Garuda Ibukota Baru tersebut. ***



Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x