Benarkah Pendaftaran Kartu Prakerja Rp3,5 Juta Dibuka Februari 2021? Ini Jawabannya

- 12 Februari 2021, 20:31 WIB
Kartu Prakerja sebagai pengganti subsidi gaji 2021/
Kartu Prakerja sebagai pengganti subsidi gaji 2021/ /Tangkapan layar prakerja.go.id

KABAR JOGLOSEMAR – Kartu Prakerja disebut-sebut sebagai pengganti dari BLT subdisi gaji yang penyalurannya dihentikan di tahun 2021 ini.

Padahal, faktanya kartu prakerja sudah disalurkan sejak tahun 2020, hampir bersamaan dengan disalurkannya BLT subsidi gaji.

Baca Juga: Kartu Prakerja Rp3,5 Juta sebagai Pengganti Subsidi Gaji yang Dihentikan di 2021

Kartu Prakerja adalah bantuan sosial (bansos) yang juga diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Hanya saja, kartu prakerja memiliki konsep yang sedikit berbeda. Yaitu dengan metode pemberian upah atau insentif, bukan sekedar bantuan uang yang diberikan begitu saja.

Berbeda dengan BLT subsidi gaji, untuk dapat memperoleh insentif dalam program kartu prakerja ini masyarakat yang telah mendaftar diharuskan untuk mengikuti suatu pelatihan atau kursus di bidang tertentu.

“Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," ungkap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Nominal dari kartu prakerja ini juga lebih banyak dari subsidi gaji, yaitu Rp3,5 juta sementara subsidi gaji hanya RP2,4 juta.

Akan tetapi, Rp3,5 juta itu tidak bisa dicairkan semuanya ke rekening peserta kartu prakerja.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x