Selalu Muncul Dalam Perayaan Imlek, Ternyata Ini Arti Simbol Singa dan Naga Pada Tarian Barongsai 

- 1 Februari 2021, 09:10 WIB
pertunjukkan barongsai saat perayaan imlek
pertunjukkan barongsai saat perayaan imlek //pixabay/wiroj

 

KABAR JOGLOSEMAR - Menjelang perayaan imlek tentu banyak masyarakat Tionghoa dan masyarakat umum tak sabar menyaksikan pertunjukkan barongsai yang membuat perayaan imlek makin semarak. 

Dibalik maraknya tarian barongsai ternyata banyak masyarakat yang belum mengetahui mengapa tarian barongsai selalu lekat dengan hewan naga dan singa.

Dilansir dari laman China Highlight, dua simbol penting dalam pertunjukkan barongsai yaitu naga dan singa memiliki makna filosofis bagi masyarakat Tionghoa. 

Baca Juga: Penting Bagi Perempuan, Ini Makanan Super untuk Mencegah Kanker Serviks

Baca Juga: Waduh, BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Tidak Jadi Cair! Ini Alasannya

Singa adalah hewan yang melambangkan keberanian, kekuatan, keunggulan dan kebijaksanaan. Sedangkan naga adalah perwujudan seorang laki-laki yang kuat. 

Selain singa dan naga, atraksi barongsai identik dilakukan dengan penuh semangat dan dengan iringan alat musik yang menimbulkan suara keras dan ramai. Ternyata ada makna mengapa barongsai harus diiringi dengan iringan musik yang ramai.

Dahulu tarian barongsai dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai tarian untuk mengusir monster dan roh-roh jahat yang ada disekitar lingkungan tersebut.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: China Highlights


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x