Ini Langkah-langkah Antisipasi Jika Terjadi Gempa Bumi

- 16 Januari 2021, 22:12 WIB
ilustrasi puing-puing akibat gempa bumi
ilustrasi puing-puing akibat gempa bumi //pixabay/Angelo_Giordano

KABAR JOGLOSEMAR - Gempa bumi masih terus terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Baru-baru ini gempa bumi terjadi di Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Pangandaran, maupun Pacitan.

Gempa di beberapa daerah itu terjadi selama tiga hari terakhir ini. Gempa bumi merupakan peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi.

Hal ini ditandai dengan patahan lapisan batuan kerak bumi. Sehingga gempa bumi menyebabkan getaran tanah, tanah longsor, tsunami, dan lainnya.

Baca Juga: Kasus Bunuh Diri Jepang Melonjak 16 Persen Saat Gelombang Kedua COVID-19

Baca Juga: Wisata Kuliner, Nikmat dan Sedapnya Sop Ikan di Warung Holy Kalasan

Bencana bisa datang kapan saja dan tak bisa dicegah. Namun, kita bisa mempersiapkan diri supaya tidak panik saat terjadi gempa bumi.

Dirangkum KabarJoglosemar.com dari laman resmi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berikut langkah-langkah antisipasi terjadinya gempa bumi:

1. Kenali lingkungan di dalam dan di sekitar tempat tinggal. Apakah tempat tinggal Anda termasuk di daerah rawan bencana seperti gempa bumi, longsor, atau banjir?

2. Jika berada di suatu gedung seperti kantor, mall, dan lainnya, perhatikan letak pintu, tangga darurat, serta tanda jalur evakuasi.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x