Gempa Majene 6,2 M, Berbagai Bangunan Ambruk dari RS, Hotel, hingga Kantor Gubernur Sulbar

- 15 Januari 2021, 08:11 WIB
Gempa dahsyat berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada Jumat 15 Januari 2021 dini hari.
Gempa dahsyat berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada Jumat 15 Januari 2021 dini hari. //BMKG

KABAR JOGLOSEMAR - Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat dini hari, Jumat 15 Januari 2021 menyebabkan berbagai bangunan ambruk.

Keterangan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2 berpusat di lokasi 2.98 LS,118.94 BT arah 6 km Timur Laut Majene-Sulbar. Dengan kedalaman gempa 10 Km. Hal ini berdasarkan rilis dari BMKG.

Gempa yang lebih besar ini merupakan gempa susulan setelah sebelumnya telah terjadi gempa pada pada Kamis (14/1/2021) pukul 14.30 Wita dengan kekuatan 5,9 M.

Baca Juga: Tak Terima Dilaporkan Polisi, Dokter Richard Akan Laporkan Balik Kartika Putri

Beredar foto dan video di lini masa, berbagai bangunan bertingkat di Majene seperti hotel, rumah sakit, dan kantor gubernur Majene ambruk akibat diguncang gempa.

Warga pun sempat berlarian ke tempat yang lebih tinggi karena khawatir dengan datangnya tsunami.

"Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami," kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, seperti ditulis Antara.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Ghoib yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Lengkap Bacaan Niat dan Doa

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa analisis menunjukkan gempa bumi dengan magnitudo 6,2 episenternya berada di darat pada kedalaman 10 km.

Bambang menjelaskan, jika melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa bumi itu merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal dan tidak berpotensi tsunami.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x