Kenali Arti Mendasar dari KIPI Vaksin Virus Corona yang Mungkin Belum Anda Ketahui

- 11 Januari 2021, 16:15 WIB
: Ilustrasi vaksin virus corona/
: Ilustrasi vaksin virus corona/ //pixabay / geralt



KABAR JOGLOSEMAR - KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Sedangkan KIPI vaksin virus Corona memiliki artinya sendiri.

Pada dasarnya pengertian dari KIPI adalah hal yang ditunjukan oleh kondisi tubuh setelah menerima imunisasi. KIPI dapat memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Umumnya reaksi tersebut datang secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh setiap pasien penerima imunisasi.

Baca Juga: “BLACKPINK SOUTH KOREA’S PRIDE” Trending, Alasannya Bikin Kaget Penggemar

Baca Juga: Grup yang Mematahkan Mitos ‘Kutukan 7 Tahun K-Pop’: Ada BTS, SHINee, hingga Super Junior

Selain itu, KIPI bisa menunjukkan dua gejala. Kedua gejala tersebut antara lain gejala ringan hingga gejala serius.

Meskipun demikian, KIPI tidak selalu terjadi pada para penerima imunisasi secara menyeluruh. Sehingga bisa diartikan bahwa KIPI jarang muncul menimbulkan reaksi yang serius.

Walaupun tetap ada potensi reaksi yang serius, namun semua gejala KIPI berat mampu diatasi dengan baik serta tidak menimbulkan dampak jangka panjang.

Baca Juga: Mengenal Arti Post Mortem yang Dilakukan DVI Polri Pada Korban Sriwijaya Air SJ 182

Baca Juga: Grup yang Mematahkan Mitos ‘Kutukan 7 Tahun K-Pop’: Ada BTS, SHINee, hingga Super Junior

Dalam kasus virus Corona,  KIPI vaksin merupakan gejala yang akan timbul setelah dilakukan penyuntikan. Vaksin yang akan digunakan sebagai bagian dalam proses imunisasi tersebut tergolong baru.

Oleh karena itu, KIPI vaksin virus Corona akan menjadi perhatian khusus dalam hal ini. Seperti dilansir KabarJoglosemar.com dari laman Covid19.go.id, KIPI vaksin virus Corona secara umum hanya memiliki dampak ringan.

Gejala yang akan ditimbulkan juga tidak akan berlangsung lama. KIPI vaksin virus Corona biasanya akan terjadi dalam kurun waktu satu hingga dua hari setelah dilakukan penyuntikan.
 
 
Baca Juga: Raih Kesuksesan Ganda, Sunghoon ENHYPEN Berhasil Wisuda Saat Sudah Jadi Member Boyband Terkenal

Dalam laman tersebut juga terlampir gambar yang menunjukan pernyataan dari salah satu Vaksinolog. Menurut dokter Dirga Sakti Rambe, KIPI vaksin virus Corona hanya akan menimbulkan beberapa gejala.

Gejala-gejala tersebut meliputi bengkak kemerahan pada bekas suntikan serta demam. Ia juga menyebutkan bahwa demam memiliki arti bahwa vaksin virus Corona tersebut telah bekerja dengan baik di tubuh. ***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x