Update Hasil Pilkada dari KPU Sleman, Kustini-Danang Maharsa Unggul Jauh

- 11 Desember 2020, 07:47 WIB
Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa
Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa /
 
KABAR JOGLOSEMAR - Dari data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara yang merupakan data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap untuk Pilkada 2020 yang dilakukan KPU Sleman, pasangan calon nomor urut 3 Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa unggul jauh dari dua pasangan calon lainnya.
 
Data yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi pilkada2020.kpu.go.id, Jumat, 11 Desember 2020 hingga pukul 05.03 WIB tersebut, pasangan Kustini-Danang Maharsa meraih 39,0 persen suara, pasangan nomor urut 1 Danang Wicaksono Sulistya-Agus Choliq meraih 30,7 persen suara dan pasangan nomor urut 2 Hj Sri Muslimatun-Amin meraih 30,3 persen suara.
 
 
Data yang masuk hingga Jumat, 11 Desember 2020 pukul 05.03 WIB sebanyak 1.044 TPS (tempat pemungutan suara) atau dari total TPS di Kabupaten Sleman sebanyak 2.125 TPS.
 
Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara tersebut merupakan data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.
 
Bila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat PlenoTerbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.
 
 
Selain itu, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.
 
"Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka," demikian keterangan yang tercantum di bawah data grafis hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut.
 
Datal yang ditampilkan pada menu Hitung Suara tersebut tak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan tim internal pasangan Kustini-Danang Maharsa beberapa jam setelah pemungutan suara Pilkada Sleman, 9 Desember 2020.
 
 
Dari hasil hitung cepat yang dilakukan tim internal yang beredar luas di grup-grup whatsapp dan diakui kebenarannya oleh Calon Bupati Dra Hj Kustini Sri Purnomo saat dikonfirmasi Kabar Joglosemar, pasangan Kustini-Danang Maharsa meraih 38,9 persen atau 192.505 suara, pasangan Danang Wicaksana Sulistya-Agus Choliq meraih 30,2 persen atau 149.675 suara dan pasangan Hj Sri Muslimatun-Amin meraih 30,11 persen atau 152.645 suara.
 
Meski belum semua hasil penghitungan dariTPS-TPS masuk, namun dengan data tersebut bisa dipastikan pasangan nomor urut 3 Kustini-Danang Maharsa yang diusung PDI Perjuangan dan PAN meraih kemenangan dalam Pilkada 2020 Kabupaten Sleman.
 
 
Sesuai jadwal, hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan akan masuk paling lambat 13 Desember 2020.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: pilkada2020.kpu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x