Ini Pentingnya Konsumsi Vitamin dan Mineral, Bukan Hanya untuk Tingkatkan Imun

- 4 September 2021, 14:46 WIB
Ilustrasi makanan sehat untuk mencegah kolsterol
Ilustrasi makanan sehat untuk mencegah kolsterol /PIXABAY/Silviarita

KABAR JOGLOSEMAR - Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Apalagi di masa pandemi Covid-19 dan peralihan musim, penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Arti Indira,Mgizi, Sp.Gk.FINEM menyampaikan vitamin dan mineral akan membantu sistem kekebalan tubuh merespon infeksi akibat Covid-19.

Ketika vitamin dan mineral tercukupi dapat meningkatkan kekuatan sel. Selanjutnya dapat membantu melawan virus SARS-CoV-2 yang terlanjur masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Kode Redeem FF UPDATE 5 September 2021: Server Indonesia, India, Eropa, Singapura

Sedangkan vitamin D juga penting bagi tubuh sebagai immunodobulator untuk membantu inflamasi dan kejadian infeksi saluran pernapasan atas.

“Konsumsi vitamin D dari bahan makanan sumber, tingkatkan asupan dengan berjemur dan suplementasi,” jelasnya dalam webinar yang dikutip Kabar Joglosemar dari Antara, Kamis, 2 September 2021.

Vitamin C, vitamin E, hingga vitamin D amat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Ada banyak buah-buah segar yang kaya akan vitamin C.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 5 September 2021 Leo, Virgo, Libra dan Scorpio, Serta Peruntungan Hubungan hingga Karir

Sementara itu, vitamin E dan selenium berperan pada pertahanan tubuh dengan meningkatkan kekuatan sel. Zinc berperan ganda untuk menjaga pertahanan tubuh dan akan melawan replikasi virus.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X