Jokowi Temui Ribuan Alumni Penerima Insentif Program Kartu Prakerja, Telah Menjangkau 12,8 Juta Orang

- 18 Juni 2022, 21:30 WIB
Jokowi temui alumni Kartu Prakerja
Jokowi temui alumni Kartu Prakerja / Instagram @jokowi/

 
KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Temu Raya Ribuan alumni Kartu Prakerja di Sentul International Convention Centre (SICC) pada Jumat (16/6/2022), pukul 14.00 WIB.
 
Sebagaimana diketahui, program Kartu Prakerja telah berlangsung 2 tahun dan hingga saat ini program tersebut telah memasuki gelombang 33. 
 
Dalam acara tersebut, tampak ribuan alumni program Kartu Prakerja berkumpul di Sentul. 
 
 
Presiden Jokowi mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia mengikuti program Kartu Prakerja tersebut. Dalam unggahan nya, Presiden Jokowi menyebut ada 115 juta orang yang mendaftar pada saat awal peluncuran Kartu Prakerja.
 
"Gelombang pertama Kartu Prakerja diluncurkan pada minggu kedua April 2020 dalam suasana awal munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia, Anda tahu berapa banyak pendaftar program ini? 115 juta orang!." tulis Jokowi dalam keterangan unggahan pada Jumat (17/6/2022).
 
Dari gelombang 1 hingga 32 yang mendaftar mencapai 115 juta orang, yang terverifikasi 84 juta orang, yang diterima 12,8 juta orang.
 
 
Melansir dari berbagai sumber, Presiden Jokowi menceritakan kepada alumni Kartu Prakerja, bagaimana program tersebut pertama kali diimplementasikan saat awal pandemi merambat di Indonesia.
 
Meski situasinya sulit, program kartu prakerja bisa berjalan dengan baik karena menggunakan platform digital.
 
Presiden Jokowi mengungkap bahwa program Kartu Prakerja tersebut telah meningkatkan produktivitas, skill dan pengalaman kerja peserta melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan.
 
 
"Dalam dua tahun, pelaksanaan Kartu Prakerja hingga 32 gelombang, program ini telah menjangkau 12,8 juta penerima manfaat. Sebanyak itu pulalah peserta yang mengikuti pelatihan untuk meningkatkan produktivitas, keterampilan dan pengalaman kerjanya." tulis Jokowi dalam keterangan unggahan.
 
"Program Kartu Prakerja berhasil diluncurkan dengan memanfaatkan platform digital yang dibangun oleh anak-anak muda Indonesia. Melalui platform tersebut, masyarakat tidak perlu melalui birokrasi yang panjang untuk mendapatkan manfaat dari pelatihan." Imbuh nya.
 
Melalui platform digital, penyaluran uang peserta Kartu Prakerja bisa langsung diterima melalui rekening masing-masing peserta. Sehingga mekanismenya terbilang mudah dan cepat.
 
 
Sebagai informasi, Presiden Jokowi hadir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Meko Perekoniman Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan, Menteri Tenaga Kerja, Pimpinan komisi IX serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajarannya.
 
Acara Temu Raya tersebut dihadiri sebanyak 8000 orang yang merupakan perwakilan alumni Prakerja dari gelombang 1 sampai gelombang 31.
 
Peserta yang menghadiri acara temu raya alumni Prakerja mendapatkan kaos exclusive Prakerja.***

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x