Pentingnya Memiliki Dana Darurat di Masa Pandemi Covid-19, Begini Caranya

- 10 Agustus 2021, 17:07 WIB
Ilustrasi pentingnya memiliki dana darurat
Ilustrasi pentingnya memiliki dana darurat /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Masalah keuangan terus menjadi perbincangan terlebih saat ini masih mengalami pandemi Covid-19. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan tidak memiliki uang, dirumahkan, kena PHK, maupun pengurangan gaji.

Baru mulai terasa pentingnya memiliki dana darurat atau tabungan di saat menghadapi situasi ekonomi yang sulit seperti saat ini. Bagi para pekerja yang masih berkesempatan bekerja tetap perlu menyisihkan uang untuk dana darurat.

Diungkapkan CEO Agen Pejual Efek Reksa Dana (APERD) Makmur, Sander Parawira penting memiliki dana darurat.

Baca Juga: Lucinta Luna Terbaring di Ranjang Rumah Sakit, Warganet: Mau Lahiran?

Apalagi jika tidak memiliki tanggungan biaya keluarga maupun pinjaman. Ketika masih ada penghasilan tetap menyisihkan uang untuk dana darurat.

“Selagi memiliki penghasilan, jangan lupa menyisihkan sebagian untuk dana darurat,” jelasnya dikutip Kabar Joglosemar dari Antara pada Selasa, 10 Agustus 2021.

“Besaran ideal dana darurat yang harus disiapkan menyesuaikan dengan tanggungan pribadi. Jika belum punya tanggungan minimal memiliki dana darurat 6 kali penghasilan bulanan. Jika sudah punya tanggungan, sebaiknya sebesar 12 kali penghasilan bulanan atau lebih,” sambungnya.

Baca Juga: Anak Sekolah di Rumah, Ini yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Agar Nyaman dan Berhasil

Menurutnya, dana darurat dapat memberikan rasa aman ketika mendadak terjadi masalah finansial, terjadi musibah. Dana darurat penting dimiliki jika nantinya ada anggota keluarga yang sakit meskipun memilki asuransi kesehatan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x