Sabar, Anggaran BLT UMKM untuk 3 Juta Penerima Belum Tersedia

- 8 Juni 2021, 06:33 WIB
Ilustrasi BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 juta
Ilustrasi BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 juta /KabarJoglosemar/Sandra

KABAR JOGLOSEMAR - Meski jadi bantuan yang ditunggu-tunggu para pelaku UMKM untuk kembali menggerakkan roda perekonomian, namun pelaku UMKM harus bersabar karena anggaran BLT UMKM sampai saat ini belum tersedia.

Dampak dari belum adanya ketersediaan dana maka rencana penyaluran BLT UMKM pada masyarakat akan mundur dari waktu yang sudah ditentukan.

Hal ini terjadi karena anggaran belum dicairkan oleh Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Nasib 3 Juta Penerima BLT UMKM Masih Belum Jelas, Apa Penyebabnya ?

"Saat ini kita masih menunggu Kemenkeu untuk bisa segera mencairkan dana dan nanti akan kita langsung salurkan pada pelaku UMKM penerima BLT UMKM," ungkap Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Eddy Satriya.

Total anggaran yang direncanakan sebelumnya adalah Rp15,36 triliun. Untuk tahap pertama, total anggaran yang telah disediakan sebanyak Rp11,76 triliun dan diharap bisa tersalurkan kepada 9,8 juta penerima.

Dengan tambahan tiga juta penerima, maka penerima BPUM untuk tahun ini sebanyak 12,8 juta pelaku UMKM. Adapun tambahan anggaran yang dibutuhkan untuk mengalokasikan BLT UMKM kepada tiga juta penerima yakni Rp3,6 triliun. Masing-masing UMKM menerima sebesar Rp1,2 juta.

Baca Juga: Ada Bantuan Dana UMKM untuk 1.300 Wirausaha, Simak Cara Daftar di Dinas Koperasi dan UKM Setempat

Eddy Satriya menjelaskan bahwa BPUM per 30 April 2021 telah disalurkan kepada 8,63 juta pelaku UMKM dengan total anggaran yang disalurkan sebanyak Rp10,4 triliun. 

Pemerintah menargetkan banpres produktif ini bisa tersalurkan kepada 9,8 juta penerima hingga 12 Mei 2021 mendatang dengan total anggaran yang telah disediakan sebanyak Rp11,76 triliun.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x