Hanya Modal KTP atau NIK, Simak Cara Cek Bansos BST Rp300 Ribu Pada Link dtks.kemensos.go.id

- 8 Februari 2021, 05:35 WIB
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id //Kabar Joglosemar/Galih Wijaya



KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah masih terus menyalurkan Bansos BST Rp300 ribu. Oleh karena itu, cek penerima bansos di link dtks.kemensos.go.id hanya dengan modal KTP atau NIK.

Seperti diketahui, pemerintah menunjuk Kementerian Sosial atau Kemensos untuk melakukan penyaluran bansos BST Rp300 ribu.

Penyaluran akan terus berlangsung hingga April 2021. Pemerintah pun telah menganggarkan dana sebanyak 12 triliun Rupiah untuk bantuan BST Rp300 ribu.

Baca Juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Cair Lewat Bank BRI, Segera Cek Nama Anda di Sini

Baca Juga: Simak, Arti Mimpi Jatuh ke Sungai Dalam Primbon Jawa, Dilancarkan Rezeki hingga Pertanda Malapetaka

Adapun sasaran dari pemerintah yakni 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Meskipun demikian, ada yang perlu diperhatikan yakni BST Rp300 ribu diperuntukan bagi mereka yang sama sekali belum menerima bantuan lain.

Untuk proses pencairannya sendiri pemerintah mempunyai dua cara yakni melalui PT Pos Indonesia ataupun transfer pada masing-masing rekening para calon penerima.

Cara cek Bansos BST Rp300 ribu hanya modal KTP atau NIK adalah sebagai berikut.


1. Pertama-tama, masuk pada link resmi Kemensos  https://dtks.kemensos.go.id dan memilih ID yang sesuai pada kepesertaan yang Anda inginkan.

2. Lalu, masukan nomor ID kepesertaan dari yang Anda pilih. Contoh, apabila Anda memilih ID NIK pada langkah pertama maka masukan nomor NIK Anda.

3. Setelah itu masukan nama yang sesuai dengan ID. Contohnya, jika memilih NIK sebagai ID kepesertaan akan diminta untuk mengisi nama sesuai dengan KTP.

Baca Juga: Cek di Laman bansos.siks.kemsos.go.id untuk Dapatkan 3 Bansos Ini

Baca Juga: Cara Mendapatkan Bansos 2021 Rp 3 Juta untuk Ibu Hamil, Simak Ketentuannya

4. Langkah selanjutnya ialah dengan memasukan kode unik atau Captcha pada kolom 'Kode'. Pastikan bahwa huruf yang anda tulis sesuai dengan yang ada di gambar.

Apabila Anda merasa kesulitan dalam membaca Captcha tersebut maka Anda bisa menggantinya dengan meng-klik gambar yang tertera.

5. Pilih 'cari', lalu status kepesertaan Anda dalam bansos BST Rp300 ribu akan terlihat.

Baca Juga: Ada Hubunganya dengan Nyi Roro Kidul, Ini Penjelasan Tentang Mitos Larangan Pakai Baju Hijau di Parangtritis

Baca Juga: Dampak PPKM di Jogja Mulai Terasa, Kasus Positif COVID-19 Turun Drastis

Jika sudah dipastikan bahwa nama Anda tertera dalam data Kemensos, maka bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu pencairan.

Perlu diketahui, untuk melakukannya Anda harus menunggu mendapatkan undangan pencairan terlebih dahulu sebagai syarat yang akan dibawa saat di kantor Pos. ***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x