Instagram Luncurkan Fitur Pencegah Bully dan Pelecehan Di Kolom DM

- 22 April 2021, 11:47 WIB
ilustrasi instagram/
ilustrasi instagram/ /pixabay/StockSnap
 


KABAR JOGLOSEMAR- Maraknya perundungan (bullying) dan pelecehan di kolom Direct Message dan komentar membuat instagram meluncurkan fitur-fitur baru sebagai upaya perlindungan pada pengguna instagram agar terhindar dari tindakan bullying dan pelecehan.

Salah satu contoh upaya perlindungan adalah pengguna instagram tidak bisa mengirim Direct Message (DM) ke pengguna lain apabila dia tidak mengikuti (follow) akun pengirim pesan.

Instagram juga memberikan peringatan saat pengguna tengah berinteraksi dengan orang lewat percakapan via DM, sekaligus membatasi orang dalam mengikuti akun mereka.

Baca Juga: Penggemar Desak JYP Entertainment Soal TWICE, Ada Apa?

Untuk mencegah hal-hal yang memicu aksi pelecehan, Instagram merilis fitur berupa tools dimana pengguna dapat mem-filter siapa saja yang bisa mengirim pesan ke DM mereka.

Nantinya, tools ini akan secara otomatis memfilter isi pesan dari pengguna lain yang berisi kata-kata berbau sindiran atau menyinggung. Instagram mengatakan bahwa tools ini memang berfokus pada isi pesan yang ada di kolom permintaan DM.

Menurut Instagram, di sinilah pengguna biasanya menerima pesan yang bernada kasar, tidak seperti pesan DM biasa, di mana mereka menerima pesan dari teman. Dengan demikian, pengguna lain tidak bisa sembarangan mengirim pesan begitu saja

Baca Juga: Film 22 vs Earth, Ungkap Alasan Karakter 22 di Soul Membenci Bumi

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengunjungi menu Pengaturan Privasi lalu pilih opsi "DM Requests".

Jika dilihat secara fungsi, fitur ini mirip seperti filter komentar yang dirilis Instagram untuk membatasi dan memfilter kata apa saja yang sekiranya tidak akan dimunculkan di kolom komentar.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X