Sejarah Panjang Hari Lahir Pancasila yang Wajib Diketahui Generasi Milenial

- 31 Mei 2021, 13:07 WIB
Lambang Garuda Pancasila
Lambang Garuda Pancasila /Pixabay.com/ibnuamaru
 

 

KABAR JOGLOSEMAR- Besok, 1 Juni 2021 diperingati sebagai hari lahir pancasila. Banyak masyarakat yang belum mengetahui sejarah hari lahir pancasila hingga dirumuskan pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila dirumuskan pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945 - 1 Juni 1945. Awal mula pembentukan BPUPKI adalah untuk menyelidiki hal-hal penting, serta menyusun rencana-rencana yang berhubungan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu hal yang dipersiapkan atau dirancang dalam sidang BPUPKI adalah Pancasila.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 31 Mei 2021: Mang Dadang Jadi Saksi Kunci untuk Aldebaran, Elsa Akui Bobol Akun Roy

Kemudian Pancasila dicetuskan dalam pidato yang disampaikan oleh presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Soekarno dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945.

Dari situlah tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Penamaan Pancasila terdiri dari bahasa sansekerta yaitu "Panca" berarti 'lima' dan "syla" berarti 'batu sendi' atau 'alas dasar', dicetuskan oleh Ir Soekarno.

Pancasila dalam sejarah, dirumuskan oleh tiga tokoh nasional Indonesia saat sidang BPUPKI berlangsung.

Baca Juga: Kumpulan 10 Kata-kata Ucapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Ketiga tokoh tersebut berperan penting dalam perumusan Pancasila yang hingga saat ini masih menjadi dasar negara Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Seperti yang  diketahui Soekarno merupakan tokoh penting Indonesia, Soekarno merupakan presiden pertama di Indonesia.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X